Translate

Kepribadian Ganda (Bagian 4-2) - Tipe-Tipe Alter Identity

Seseorang bisa mengembangkan alter demonic, tipe alter yang memiliki kepribadian
setan, iblis, atau mahluk-mahluk jahat lainnya
Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai 4 jenis alter identity, atau kepribadian lain yang bisa berkembang pada diri seseorang dengan Dissociative Identity Disorder (DID). 4 alter identity yang dijelaskan pada kepribadian sebelumnya adalah kepribadian binatang, kepribadian anak-anak, bayi, dan balita, kepribadian iblis, setan, dan jahat, kepribadian orang cacat.

Pada artikel ini kita akan melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya, yaitu membahas mengenai tipe-tipe alter identity yang belum disebutkan. Agar anda bisa memahami apa itu Dissociative Identity Disorder (DID) atau yang lebih dikenal dengan gangguan kepribadian ganda, anda bisa membaca artikel-artikel dibawah ini.

Baca juga :


5. Kepribadian Penjaga

Kepribadian penjaga adalah salah satu kepribadian yang cukup umum yang bisa muncul pada seseorang dengan gangguan kepribadian ganda. Tugas dari kepribadian penjaga adalah seperti sebutannya, yaitu menjaga kepribadian utama dari rasa marah, perasaan takut, perasaan malu, dan rasa sakit. Kepribadian penjaga terbagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu bagian bertarung, bagian "penuntut" atau yang disebut dengan persecutor, dan bagian "pengasuh" atau yang disebut dengan caretaker. Berikut adalah penjelasan mengenai ketiga kepribadian tersebut :

  1. Bagian bertarung, adalah kepribadian yang punya tujuan bertahan. Kepribadian ini dikembangkan oleh seseorang dengan gangguan kepribadian ganda untuk melindungi dirinya dari serangan orang lain. Bertarung yang dimaksud tidak harus selalu bersifat kekerasan, bertarung disini bisa saja mempertahankan diri dengan kata-kata kasar, dan lain sebagainya.
  2. Persecutor juga merupakan kepribadian yang bertujuan untuk melindungi kepribadian utama atau host identity, tetapi berbeda dengan bagian bertarung, persecutor cenderung melindungi dengan cara yang berbahaya bagi kepribadian utama. Persecutor memiliki pandangan yang membingungkan mengenai realitas. Persecutor melindungi kepribadian utama dengan cara-cara berbahaya, bahkan bisa mengganggu terapi. Kepribadian ini bisa saja mengancam untuk melukai diri dengan maksud menghukum kepribadian lain yang dianggap bersalah.
  3. Caretaker, adalah tipe kepribadian penjaga yang membantu, menolong, dan mengasuh kepribadian-kepribadian lain yang ada dalam diri seseorang dengan gangguan kepribadian ganda. Caretaker berbeda dengan bagian bertaruk dan persecutor karena sifatnya yang biasanya keibuan atau menyayangi dan melindungi kepribadian lain. Biasanya caretaker punya modelnya tersendiri, sebagai misal jika seseorang dengan gangguan kepribadian ganda memiliki teman baik yang penyayang dia bisa saja mengembangkan kepribadian caretaker berdasarkan karakteristik teman baik tersebut.
Kepribadian penjaga terkadang salah dalam mengenali "musuh" dari kepribadian utama. Kepribadian penjaga bisa menganggap orang yang menjadi terapis, teman, atau kekasih kepribadian utama sebagai "musuh". Ketika terapis berlangsung bisa saja kepribadian ini muncul dan mengganggu jalannya terapi karena dianggap berbahaya, atau ketika kepribadian utama hendak berhubungan seksual dengan pasangannya bisa saja kepribadian penjaga ini muncul karena menganggap hal tersebut adalah usaha untuk memperkosa kepribadian utama.

6. Fragment

Beberapa alter identity memiliki peran yang sangat terbatas, sebagai contoh kepribadian yang disebut dengan fragment.  Alter tipe ini hanya memiliki sebagian kecil emosi, memiliki ingatan yang terbatas dan memiliki peran yang sangat terbatas, fragment tidak membentuk satu kepribadian penuh. Sebagai misal, fragment bisa saja hanya memiliki emosi takut dan begitu muncul ke permukaan dia akan muncul dalam keadaan sangat ketakutan, atau ada juga fragment yang hanya memiliki ingatan tertentu saja.

Fragment adalah kepribadian yang tidak utuh, tapi jika beberapa fragment bersatu bisa saja membentuk suatu kepribadian yang utuh, fragment yang bersatu bisa membentuk satu ingatan utuh mengenai suatu kejadian.

7. Kepribadian yang Berlainan Jenis Kelamin

Beberapa alter identity bisa saja memiliki gender yang berbeda dengan jenis kelamin yang dimiliki oleh orang dengan gangguan kepribadian ganda. Sebagai misal, seorang pria bisa saja memiliki alter identity seorang wanita, dan sebaliknya seorang wanita bisa saja memiliki alter identity seorang pria.

Biasanya alter identity yang berlainan jenis kelamin ini berbeda dengan wanita atau pria yang sebenarnya. Alter tipe ini biasanya muncul sesuai dengan bayangan orang dengan gangguan kepribadian ganda mengenai peran pria ataupun peran wanita. Biasanya mereka memiliki perilaku yang dianggap sering muncul pada masing-masing gender, sebagai misal alter wanita yang ada pada tubuh pria bisa saja muncul sebagai seorang yang sangat penakut dan lemah, sementara alter pria dalam tubuh wanita bisa saja muncul sebagai seorang yang pemarah, berani, dan memiliki kekuatan fisik.

Kepribadian tipe ini biasanya berkembang karena seseorang dengan gangguan kepribadian ganda pernah mengalami kekerasan seksual. Sebagai contoh, seorang wanita yang pernah diperkosa akan mengembangkan kepribadian pria karena dia merasa pria tidak memiliki vagina dan hal tersebut membuat dia tidak takut untuk diperkosa, Sementara kepribadian wanita dalam tubuh pria bisa berkembang karena dia pernah dipaksa untuk memerankan peran wanita ketika berhubungan seksual dengan laki-laki.

Seseorang dengan gangguan kepribadian ganda yang memiliki alter berlainan jenis kelamin tidak sama dengan seseorang dengan gangguan identitas gender (GIG) atau yang sekarang dikenal dengan istilah Gender Dysphoria. Perbedaannya adalah di kesadaran, seseorang dengan gangguan identitas gender (GIG) sadar bahwa dirinya kebingungan dan tidak nyaman dengan jenis kelaminnya. Sementara seseorang dengan kepribadian ganda yang memiliki alter yang berlainan jenis kelamin, dia tidak sadar bahwa dia memiliki kepribadian seperti itu.

Baca juga :

8. Kepribadian Objek

Seseorang bisa menganggap dirinya sebagai objek dan mengembangkan kepribadian tersebut. Sebagai misal, seseorang menganggap dirinya sebagai pohon, atau gunung, atau sungai, dan lain sebagainya.

Selain alter identity yang disebutkan sebelumnya, seseorang bisa saja menganggap dirinya sebagai robot yang tidak bisa merasakan emosi, ataupun bisa mengcopy kepribadian orang terkenal, tokoh fiksi, dan tentara, bahkan seseorang dengan gangguan kepribadian ganda bisa memiliki alter identity  yang memiliki gangguan lain.

Karena rumitnya gangguan ini dan banyak kemungkinan alter identity yang bisa muncul pada seseorang, terkadang para ahli kesulitan untuk mengidentifikasi apa yang sebenarnya terjadi dan gangguan apa yang dialami oleh orang yang bersangkutan. Gangguan kepribadian ganda sering sulit dibedakan dengan gangguan psikotik yang melibatkan halusinasi dan delusi seperti schizophrenia dan lain sebagainya.

Baca juga :

Minimal seseorang yang memiliki kepribadian ganda harus memiliki dua kepribadian dalam tubuhnya, dan kepribadian yang biasanya sering muncul adalah kepribadian anak-anak dan kepribadian penjaga. Rata-rata orang dengan kepribadian ganda biasanya memiliki 13-15 kepribadian dalam dirinya. Tapi walupun demikian, kepribadian ganda tidak hanya terbatas dengan memiliki dua kepribadian saja, ada ahli yang melaporkan bahwa kliennya memiiki lebih dari 100 kepribadian dalam dirinya.

Demikianlah penjelasan mengenai alter identity yang bisa muncul pada diri seseorang dengan gangguan kepribadian ganda, atau yang dalam psikologi dikenal dengan istilah dissociative identity disorder (DID)

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)

Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman ataupun orang-orang yang anda sayangi karena mungkin mereka membutuhkan :D

Sumber :
Alters in Dissociative Identity Disorder. (Nov 23, 2016). Traumadissociation.com. Retrieved Nov 23, 2016 from http://traumadissociation.com/alters. Read more: http://traumadissociation.com/alters

5 comments:

  1. Kepribadian ganda mungkin ada positifnya juga.
    what psycologist do

    ReplyDelete
  2. Lanjutt pliss!!!
    Gila!!! Seru bangettt topik pembahasanya:D .
    Aku Tunggu yhaa kak:'v

    ReplyDelete
  3. I'm 15 years old. I was born with HIV my mother passed away because of the HIV infection And I regret why i never met Dr Itua he could have cured my mum for me because as a single mother it was very hard for my mother I came across Dr itua healing words online about how he cure different disease in different races diseases like HIV/Aids Herpes,Parkison,Asthma,Autism,Copd,Epilepsy,Shingles,Cold Sore,Infertility, Chronic Fatigues Syndrome,Fibromyalgia,Love  Spell,Prostate Cancer,Lung Cancer,Glaucoma.,psoriasis,Cirrhosis of Liver, Cataracts,Macular degeneration, Chrons disease,Infectious mononucleosis.,Cardiovascular disease,Lung disease.Enlarged prostate,Osteoporosis.Alzheimer's disease,psoriasis,Bipolar Disorder,Dementia.,Tach Disease,Breast Cancer,Blood Cancer,Colo-Rectal Cancer,Love Spell,Chronic Diarrhea,Ataxia,Arthritis,Amyotrophic Lateral Scoliosis,Stroke,Fibromyalgia,Fluoroquinolone ToxicitySyndrome Fibrodysplasia Ossificans ProgresSclerosis,Weak Erection,Breast Enlargment,Penis Enlargment,Hpv,measles, tetanus, whooping cough, tuberculosis, polio and diphtheria)Diabetes Hepatitis even Cancer I was so excited but frighten at same time because I haven't come across such thing article online then I contacted Dr Itua on Mail drituaherbalcenter@gmail.com/ . I also chat with him on what's app +2348149277967 he tells me how it works then I tell him I want to proceed I paid him so swiftly Colorado post office I receive my herbal medicine within 4/5 working days he gave me guild lines to follow and here am I living healthy again can imagine how god use men to manifest his works am I writing in all articles online to spread the god work of Dr Itua Herbal Medicine,He's a Great Man.  

    ReplyDelete
  4. Jadi kebanyakan orang ga sadar bahwa dirinya punya alter ego,emm karena alter ego nya muncul dalam keadaan dimana dirinya yg asli ga sadar, mungkin dirinya terlalu depresi sehingga alam kesadarannya diambil alih oleh dirinya yg lain untuk beberapa saat/waktu otomatis alter egonya lebih kuat dari dirinya yg asli misalnya,wah kalo begini berbahaya bisa aja alter egonya ingin menguasai tubuh pemilik sebelumnya/aslinya karena merasa dirinya lebih pantas....uhh mengerikan semoga aku ga punya yg seperti ini....
    Oh ya ini hanya spekulasi aku aja namun,bukan berarti ga bisa terjadi ... waspada aja apapun bisa terjadi tanpa kita kira atau tanpa kita inginkan....
    Maap ya aku komen nya ga jelas apa gimana gitu yah aku hanya khawatir aja sih, pokok nya mantap lah gerbang psikologi ini bisa menambah wawasan bukan hanya aku pribadi Tapi juga orang lain, pasti banyak juga ya yg butuh tentang hal" yg berkaitan dengan psikologi ini karena ada manfaatnya ...
    Oke aku akan share ke teman-teman ku tentang hal ini...
    See you by by

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar

"Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA,pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini"