Translate

Kebiasaan-Kebiasaan Yang Bisa Membuat Otak Anda Bekerja Lebih Efisien

Source : flicr.com
Menjadi seseorang yang cerdas tentu menjadi impian setiap orang. Anda juga sebagai pembaca artikel ini, mungkin mengklik artikel ini dengan harapan untuk bisa menjadi lebih cerdas. Pada umumnya kecerdasan dan kepintaran selalu dikaitkan dengan otak, sehingga ada suatu kiasan bagi orang-orang pintar bahwa mereka "otaknya encer". Suatu kiasan yang menunjukan bahwa otak orang-orang pintar tersebut mudah untuk mengeluarkan ide-ide kreatif, mudah ketika digunakan untuk belajar, dan sebagainya.

Salah satu faktor yang membuat cerdas, mudah dalam belajar, dan kreatif adalah otak. Sehingga jika kita ingin menjadi orang yang cerdas maka kita harus merawat otak kita dan menjaga agar otak kita tetap aktif dan sehat. Pembaca tidak perlu pergi ke banyak dokter untuk merawat otak, karena merawat otak tentu akan sangat berbeda dengan perawatan rambut dan kulit. Otak adalah sesuatu yang mahal dan tidak mungkin diganti, tetapi biaya perawatannya cenderung murah. Yaitu, kita hanya perlu membiasakan diri terhadap hal-hal tertentu. Membiasakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat otak lebih aktif dan lebih sehat.

1. Simpan Gadget Anda Dan Matikan TV Anda

Tahukah pembaca ketika pembaca, terlalu banyak menonton TV otak pembaca berubah menjadi "netral". Dengan kata lain otak akan menjadi pasif ketika menonton TV, keadaan otak pembaca akan seperti ketika pembaca duduk di tempat gelap. Jika otak diibaratkan dengan lampu yang ketika aktif akan menyala dengan terang. Nah, ketika menonton TV otak tersebut cahayanya akan menjadi redup. Para peneliti mengatakan bahwa tidak aneh jika terlalu banyak menonton TV akan berhubungan dengan prestasi yang rendah.

Begitu juga ketika pembaca terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget anda. Terlalu sibuk dengan mengecek media sosial atau menghabiskan waktu mengecek status si "dia". Hal tersebut tidak bagus juga untuk otak anda. Bahkan, ada penelitian yang mengatakan bahwa jika terlalu banyak sel-sel otak yang pasif maka otak akan mengeras dan bagian yang mengeras tersebut akan menyusut dan kehilangan fungsinya. Dengan kata lain akan membuat seseorang menjadi lebih "bodoh" dari sebelumnya.

Terlalu menyibukan diri dengan gadget dan menonton TV bisa berdampak buruk bagi anda dalam jangka panjang. Jadi mulai batasi waktu anda untuk menonton TV dan hindari menyibukan diri dengan gadget.

2. Mulai Membaca Dan Menambah Pembendaharaan kata

Aktifitas otak ketika membaca
Source : Psichologytoday.com
Membaca bisa membuat seseorang lebih cerdas, hal ini bukanlah suatu omong kosong. Bahkan dengan membiasakan membaca hal-hal yang ringan bisa membuat anda menjadi lebih cerdas. Membaca jelas akan menambah pengetahuan dan informasi pembaca mengenai sesuatu. Selain itu, banyak manfaat yang akan saudara dapat dari membaca. Sebagai contoh, dengan banyak membaca anda akan bisa mengetahui banyak kosa kata dan menambah pembendaharaan kata.

Kenapa hal tersebut menjadi penting? pembendaharaan kata yang banyak dan mengetahui banyak kosa kata adalah salah satu ciri orang cerdas. Dengan memiliki pembendaharaan yang memadai, anda bisa membuat orang yang mewawancarai anda kagum dengan kecerdasan anda bahkan hingga membuat si "dia" jatuh cinta dengan kefasihan berbicara anda. Memiliki kosa kata yang memadai akan membuat anda lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan mudah mendapatkan kencan yang anda inginkan.

Selain itu, dengan mulai membaca juga akan membuat otak anda menjadi lebih aktif. Sehingga dengan membaca kita membiasakan otak kita untuk menjadi lebih aktif. Membaca tidak perlu langsung dari buku, bahkan membaca dengan browsing di Internet terbukti lebih baik daripada membaca dari buku saja.

3. Olah Raga Walaupun Hanya Berjalan Kaki

"Jiwa yang sehat ada dalam tubuh yang sehat" Peribahasa ini bukanlah omong kosong. Jika seseorang dalam kondisi yang fit, kesehatannya terjaga, dan rutin berolahraga maka otaknya pun akan lebih sehat dan ide-ide cemerlang serta kreatif akan mudah bermunculan. Tidak perlu berolahraga yang berat, anda hanya cukup berjalan kaki selama 20 menit hal tersebut sudah cukup untuk membuat otak anda menjadi lebih aktif.

Penelitian menunjukan bahwa anak-anak yang berolahraga tiga sampai empat kali dalam seminggu menunjukan prestasi yang lebih baik daripada mereka yang tidak pernah berolahraga. Lansia yang rutin berjalan kaki juga menunjukan hasil yang lebih baik dalam test mengingat dibanding lansia yang jarang berjalan kaki. Lansia yang rutin berjalan kaki juga cenderung menunjukan penurunan ingatan yang cenderung lebih lambat dibanding mereka yang jarang berjalan kaki.

Perbedaan aktifitas otak ketika seseorang hanya duduk terdiam, dan aktifitas
otak setelah orang tersebut jalan selama 20 menit
Source : Blog.Bufferapp.Com
4. Bermainlah Dengan Otak Anda Dan Biasakan Diri Anda Dengan Hal Baru Dan Berbeda

Mempelajari bahasa baru, memulai dan menguasai hobi baru, atau berdiskusi dengan teman mengenai topik-topik hangat bisa membuat otak anda menjadi lebih aktif. Dengan melakukan sesuatu yang berbeda terus-menerus akan membuat "kabel-kabel" dalam otak anda tersambung satu sama lain dan membuat anda menjadi lebih mudah dalam melakukan kegiatan yang berbeda-beda dan lebih cepat dalam melakukan sesuatu.

Jangan bahagia terbiasa dengan sesuatu yang sama karena selain hal tersebut membuat anda bosan, otak juga menjadi kurang aktif ketika melakukan hal yang sama berulang kali. Kenapa? karena kita sudah terbiasa dengan hal tersebut. Tapi dengan mencoba banyak hal baru, selain akan membuat anda belajar banyak hal. Mencoba hal baru pun akan membuat otak anda lebih aktif dibanding dengan sebelumnya.

Mencoba hal baru memang membutuhkan keberanian, dan mungkin akan membuat kita tidak nyaman. Tapi dengan mencoba hal tersebut sebenarnya akan membawa banyak manfaat bagi diri kita.

Sebenarnya masih banyak kebiasaan-kebiasaan yang bisa dilakukan untuk membuat otak anda menjadi lebih efisien. Tapi berhubung artikel ini sudah terlalu panjang maka akan saya sampaikan secara singkat saja :). 

Ingat jaga asupan nutrisi anda, karena makanan anda akan menentukan kesehatan tubuh anda, hormon yang dihasilkan, dan kelancaran otak anda dalam berfikir. Internet banyak menyediakan topik mengenai makanan sehat.

Hindari alkohol karena sudah banyak penelitian menunjukan bahwa alkohol tidak baik untuk otak. Selain mengurangi fungsi kontrol otak, terlalu banyak konsumsi alkohol juga bisa membuat otak dan tubuh kita menjadi tidak sehat.

Hindari khawatir dan cemas berlebihan dan hal-hal yang membuat anda marah atau sedih. Hindari juga membenci orang lain dan banyak mencela orang lain. Usahakan agar diri anda tetap dalam keadaan tenang dan dalam keadaan bahagia. Karena hal-hal ini akan membantu otak anda untuk berpikir lebih cepat. Kondisi relaks bisa membuat anda kreatif.

Terlalu Banyak Berfikir Bisa Menghambat Kreatifitas Anda

Habiskan waktu dengan orang yang anda cintai. Mengobrol dan berinteraksi dengan orang-orang yang kita cintai bisa mengaktifkan otak kita dan bahkan membuat mood kita lebih baik. Hal ini akan menjadi lebih berdampak jika pembaca adalah seorang ekstrovert.

Tidak terasa sudah hampir 1000 kata saya menulis, selamat menjalani hari anda dan mulailah melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat otak anda aktif sehingga anda menjadi lebih cerdas dan diharapkan bisa membawa manfaat jangka panjang :)
Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat :D

1 comment:

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar

"Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA,pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini"