Translate

Cara Meningkatkan Kecepatan dan Daya Tahan dalam Mengingat

Melatih otak menggunakan banyak indera agar bisa mengingat
dengan lebih cepat dan lebih tahan lama

Penulis teringat dengan pengalaman penulis pada masa-masa kelas satu atau dua SMA. Pada saat itu ada test dadakan mengenai kosa kata Bahasa Jepang, dan setiap anak diberi waktu sekitar 20 menit untuk menghapal kosa kata – kosa kata yang telah dipelajari sebelumnya. Tentu para murid menjadi panic karena mereka menganggap menghapal kosa kata yang banyak dalam 20 menit adalah hal yang sangat sulit.

Pendek cerita, 5 menit berlalu dan teman satu bangku penulis sudah menghapal semua kosa kata tersebut dalam waktu 5 menit itu, dan dia menghabiskan sisa waktu dengan melafalkan tanpa melihat atau melakukan aktifitas lainnya. Penulis berkomentar terhadapnya “kamu hebat, bisa hafal kosa kata tersebut dalam waktu yang sebentar, ayo ajarkan saya caranya?”. Tapi, walaupun penulis berkata demikian dia tidak bisa mengajarkannya kepada penulis. Bukan karena dia tidak mau, tapi karena dia bingung.

Pada saat itu penulis berpikir bahwa dia bisa mengingat semua itu karena dia pintar, dia cerdas, IQnya tinggi. Betul, faktor-faktor tersebut bisa membuat seseorang mengingat dan memahami suatu hal dengan cepat. IQ, kecerdasan, dan kepintaran bisa membuat orang dapat mengingat dan memahami suatu konsep, hitungan, atau kosa kata dalam waktu yang singkat. Lalu apakah kemampuan itu hanya dimiliki oleh orang yang memiliki IQ tinggi? Bagaimana dengan penulis, yang penulis rasa hanya bermodalkan rajin saja, penulis yang sering lupa mengenai banyak hal.

Setelah itu, penulis mencoba untuk menggunakan mesin pencari mengenai cara mengingat dengan cepat, cara untuk menghafal dengan cepat. Karena menghafal dan mengingat sesuatu dengan cepat merupakan suatu hal yang penting, apakah itu dalam kegiatan pendidikan atau pekerjaan, bahkan dalam menjalin hubungan sosial sekali pun. Penulis sering terkena masalah karena penulis sering lupa dengan nama orang, yang sebetulnya mereka pernah bertemu dengan kita.
Dari berbagai sumber yang penulis baca mengenai cara mengingat dengan cepat. Penulis merasa artikel yang ditulis oleh Judy Willis dengan judul Memorizing : Faster, Easier, Longer Lasting, and More Fun. Adalah cara yang tepat bagi kita untuk belajar mengingat dengan cepat dan bertahan lebih lama dalam ingatan kita. Dia menyarankan pada kita yaitu dengan menggunakan banyak indera untuk mengingat sesuatu dengan cepat.

Menggunakan Banyak Indera Agar Ingatan Kita Kuat dan Untuk Membuat Jaringan Memori dengan Lebih cepat

Dia mencontohkan cara ini dengan, jika kita memerlukan sesuatu, sebagai misal kunci motor. Akan sangat bermanfaat bagi kita untuk menyimpan banyak duplikat dan menyimpannya di banyak tempat, kita akan bisa dengan cepat mengambilnya jika kita memiliki banyak tempat menyimpan duplikat tersebut. Sebagai misal di dalam kantong kita, di dalam laci meja kamar kita, dan di dalam laci meja kerja kita.

Begitu juga dengan mengingat, ketika kita menggunakan banyak indera kita sebagai misal dalam seting kelas. Kita memperhatikan guru kita menerangkan, setelah itu kita catat, dan kita lafalkan catatan itu, atau kita kaitkan dengan suatu hal yang menurut kita menarik. Sebenarnya kita sedang membuat banyak cadangan dan membuat banyak tempat menyimpan ingatan di otak kita. Kita menggunakan indera pendengaran, penglihatan, perasa, dan lain sebagainya untuk mengingat hal yang oleh guru kita ajarakan. Dengan kita melakukan hal ini sebenarnya bisa membuat ingatan kita bertahan lebih lama dalam otak.

Lalu kenapa hal itu bisa terjadi? Ketika kita berusaha mengingat sesuatu kita menyimpan hal tersebut dalam ingatan jangka pendek kita, yang waktu menetap untuk jangka pendek ini sangatlah singkat, yaitu hanya sekitar 1 menit saja. Dibutuhkan pengulangan untuk mengingat suatu hal agar hal tersebut terekam di otak jangka panjang. Jika kita mengulang dengan cara yang sama, hal itu bisa saja membuat kita bosan. Sehingga lakukan pengulangan dengan berbagai indera kita.

Kita mendengarkan guru kita menjelaskan menggunakan indera pendengaran kita, atau bahkan indera penglihatan kita jika guru kita menulis atau menggunakan power point. Lalu kita mencatanya menggunakan indera perasa kita, dan kita membacanya dengan menggunakan indera penglihatan kita, lalu kita melafalkan atau membicarakannya dengan teman menggunakan banyak indera yang kita miliki. Semakin banyak kita mengulangi sesuatu dengan cara yang berbeda sebenarnya adalah cara terbaik bagi kita untuk mengingat hal tersebut.

Guru saya pernah berkata kepada saya, bahwa salah satu cara yang paling efektif agar kita ingat terhadap suatu materi adalah dengan mengajarkannya pada orang lain. Apa yang dikatakan oleh guru saya ini adalah bagian dari menggunakan banyak indera untuk mengingat, adalah bagian dari pengulangan yang harus kita lakukan untuk membuat kita ingat terhadap sesuatu dan membuat ingatan tersebut bertahan lebih lama dalam otak kita.

Dengan mengajarkan seseorang kita sebetulnya sedang melakukan banyak pengulangan, dan kita dituntut untuk menggunakan banyak indera kita untuk melakukan pengulangan tersebut. Kita harus memvisualisasikannya, harus menjelaskan dengan kata-kata, dan sebagainya. Itu adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengingat lebih cepat dan lebih lama.

Mengajar adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan, banyak cara lain yang bisa kita lakukan tergantung keinginan kita. Lakukan cara yang menurut kita menyenangkan, lakukan pengulangan yang menurut kita tidak membuat kita tertekan. Sebagai misal, penulis sering berusaha mengingat sesuatu dengan menuliskannya dalam note atau mengetiknya dalam bentuk artikel. Apa yang bisa pembaca lakukan itu terserah kepada pembaca, selama itu melakukan pengulangan dan menggunakan banyak indera mudah-mudahan pembaca bisa meningkatkan kecepatan dan daya tahan pembaca dalam mengingat.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman ataupun orang-orang yang anda sayangi karena mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar

"Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA,pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini"